Kebijakan Pendidikan Inklusif di Indonesia

Pendidikan di Indonesia memberikan kesempatan belajar yang sama bagi semua peserta didik, termasuk mereka yang memiliki kebutuhan khusus dan bakat istimewa yang melalui sistem pendidikan inklusif. Pemerintah menunjukkan komitmen ini melalui berbagai UU dan peraturan, meskipun implementasinya masih menghadapi tantangan. diperlukan peningkatan infrastruktur, pelatihan SDM dan kesadaran masyarakat utuk mewujudkan pendidikan inklusif yang efektif.
KENYATAANNYA?
Kebijakan pendidikan inklusif di Indonesia masih belum sepenuhnya siap untuk diterapkan karena berbagai masalah seperti sedikitnya sekolah yang menerima siswa dengan hambatan, subjektivitas sekolah inklusif, masih kurangnya guru berlatar belakang S1 pendidikan khusus dan rendahnya kesadaran masyarakat yang menganggap anak berkebutuhan khusus dapat menular. Harapannya masalah ini dapat teratasi agar semua anak di Indonesia dapat memperoleh pendidikan yang layak sesuai dengan potensinya.
REFERENSI :
N, A. M., 3 ARFEINIA, R. (2020). KEBIJAKAN PEMERINTAH TERHADAP PENDIDIKAN INKLUSIF. ANDRAGOGI: JURNAL PENDIDIKAN ISLAM DAN MANAJEMEN PENDIDIKAN ISLAM, 2 (2 ), 280– 298. HTTPS://DOI. ORG/10. 36671 /ANDRAGOGI. V2 I2 . 105
WIBOWO, A. T., 3 ANISA, N. L. (2017 ). PROBLEMATIKA PENDIDIKAN INKLUSI DI INDONESIA. PUBLIKASI ILMIAH UMS, 2 , 16 – 20.
Penulis: Afrillia Putri Hardiyanti
Share It On: